Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi Juara 2012

Resolusi Juara 2012 - Tahun 2012 sudah semakin dekat, tinggal menghitung hari saja. Ternyata sangat cepat waktu berlalu ya sob, tidak terasa semakin bertambah usia kita juga. Mari kita renungkan apa yang telah kita berikan kepada sekitar, tentu saja apakah kita telah memberikan kebaikan kepada lingkungan sekitar? atau bahkan kita menangis karena melewatkan begitu banyak waktu untuk menyebarkan kebaikan. Segala sesuatu yang pernah kita lewati tidak mungkin untuk berulang kembali entah dengan cara apapun (katanya ada alat untuk kembali ke masa lalu? kalau bener saya mau pinjam hehehe...dan katanya lagi ada manusia yang pernah datang di tahun 2011 ini berasal dari masa depan, kalo ndak salah namanya John Titor sang Time Traveler)

Kita sudah selayaknya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dimana telah memberikan nikmat panjang umur kepada kita hingga pada hari ini kita masih dapat menikmati indahnya sang surya. 2012, angka yang sering kita dengar dan kita lihat di dunia Maya..yang selalu dikatikan dengan kalender suku bangsa Maya bahwasanya tahun 2012 adalah "akhir dunia". Percayakah sobat semua bahwa akhir dunia adalah 2012? kalau ane sendiri sangat tidak percaya, karena hanya Allah yang mengetahui kapan akhir dunia itu, dan sebagai manusia tidaklah memiliki ilmu akan hal itu. Berita kiamat 2012 yang semakin meluas ini tidak lepas dari peran internet yang memberitakan informasi ini. Bahkan surga film dunia, Hollywood telah membuat sebuah film 2012 dengan latar bagaimana dahsyatnya bencana di 2012 (astaghffirullah, semoga hal ini tidak terjadi). Terlepas dari berita negatif (atau positif?) ini sebaiknya kita tetap menjalani hidup ini dengan selalu berbuat kebaikan kepada sesama manusia, dan rencana 'berbuat kebaikan' kepada sesama manusia ini akan menjadi Resolusi Juara 2012 ane.

Apa sih yang akan ane lakukan dalam berbuat kebaikan ini? nah ide dalam berbuat kebaikan ini tidak terlepas dari dunia internet. Mengapa? karena dengan internet semua informasi mengenai kebaikan dapat dipelajari dan tentu saja disebarkan. Long plan ane untuk Resolusi Juara 2012 adalah membangun sebuah RT/RW net di sekitaran lingkungan tempat tinggal ane.
Rencana pembangunan RT/RW net ini rencananya akan dikembangkan bersama teman ane di daerah ane (thanks to Wijil Wahyudianto for this good idea, and lets do it on 2012!).

Resume
Berawal dari jaringan internet milik pribadi dengan berlangganan telkom speedy, dengan router+hotspot seadanya, 3 orang tetangga yang menerima sinyal hotspot meminta untuk mendapatkan akses internet. Layanan ini pada awalnya kami berikan akses secara cuma-cuma, namun seiring dengan masterplan dari pusat bahwasanya area di tempat kami akan menjadi area jalur lingkar maka kami menemukan sebuah ide yang kemudian menjadi Resolusi Juara 2012 kami untuk mengembangkan sebuah RT/RW net di lingkungan kami. Area layanan hotspot internet kami perkirakan kurang lebih 5-10 Km dengan rencana biaya langganan sekitar Rp. 100.000, - per bulan (di area lingkungan kami sudah terdapat 5 area perumahan, 4 sekolahan dalam radius 1 Km). Dari data tersebut kami perkirakan RT/RW net ini akan berkembang pesat dan menjadi yang pertama dan satu-satunya penyedia jasa internet di daerah kami. Rencana pengembangan yaitu dengan menyediakan layanan data internet berkecepatan up to 384 KBps dengan menggunakan jasa dari telkom speedy, dengan target 10-20 client dalam waktu 2 bulan. Biaya berlangganan internet dari telkom Rp. 700.000.- perbulan dengan perkiraan client 20 orang dalam 1 bulan memperoleh keuntungan bersih kurang lebih Rp.1 juta (bayangan kami).
Area pembangunan RT/RW net yang menjadi Resolusi Juara 2012
Lokasi : Desa Cangkrep Lor Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
(gambar lokasi seperti di bawah)

Kebutuhan untuk mewujudkan Resolusi Juara 2012
Dalam membangun RT/RW net yang menjadi Resolusi Juara 2012 kami, tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Investasi yang kami butuhkan antara lain:

Biaya berlangganan internet yang kami percayakan kepada telkom speedy Rp. 700.000/bulan
Router Rp.750.000
Antena Rp. 1.000.000
Access Point Rp. 675.000
Tower Rp. 600.000
UPS Rp. 250.000
Komputer dan Modem sudah tersedia
Kabel dan peralatan lain sudah tersedia
Lain lain Rp. 500.000

Alat untuk dipinjamkan client:
Access point Rp. 230.000
Pipa Rp. 90.000
Box+kabel Rp.80.000

Total investasi awal: Rp. 4.875.000,-

Kerugian dapat diminimalisir dengan memperhitungkan jumlah client dengan paket berlangganan speedy sehingga sangat sangat dapat diminimalisir. Hal pendukung dari pendanaan adalah kemungkinan kerja sama dari penanam modal tambahan dari warga sekitar yang mau bekerja sama.

Analisa produk yang akan ditawarkan
Produk jasa penyedia layanan internet mulai dari upto 384 kbps – 1 mbps dengan cakupan ± 5 KM dengan biaya 100 ribu untuk 384 kbps, 175 untuk 512 kbps, dan 500 untuk 1 mbps. Dan berencana untuk menyediakan jasa pembuatan website untuk usaha kecil menengah didaerah tersebut agar perkembangan didaerah akan lebih pesat. Keunggulan dari usaha ini adalah akan menjadi pertama dan satu-satunya penyedia layanan internet di daerah kami karena sama sekali belum ada penyedia layanan internet semacam ini. Sedangkan saingan dari produk gsm atau cdma jelas lebih unggul karena sinyal 3G dan evdo hampir tidak ada. Sehingga layanan internet dengan kecepatan upto 384 kbps dgn biaya 100 ribu perbulan akan diminati banyak kalangan terutama bagi pelajar. Desa Cangkrep Lor sekarang ini adalah sebuah ibukota kecamatan Purworejo yang merupakan kecamatan pusat dari kabupaten Purworejo. Dengan master plan dari pemerintah pusat seperti yang diceritakan di atas bahwa desa ini akan menjadi pusat kota dengan akses jalan lingkar luar kota Purworejo. Dan rencana akan dibangun sebuah sekolah teknik dan beberapa perumahan baru yang tentunya akan menjadi sasaran utama pemasaran usaha internet ini.

Operasional RT/RW net
Operasional jasa internet akan berjalan selama 24 jam nonstop dengan back up UPS agar saat terjadi pemadaman listrik client tidak akan dirugikan karena masih bisa menggunakan layanan internet tersebut. Pemilihan alat sudah diperhitungkan kehandalan dan keawetan untuk menangani banyak client dengan umur pakai yang panjang pula ± 5 tahun. Untuk tenaga, perawatan dan pengawasan akan dikerjakan sendiri oleh pemilik(dalam hal ini saya sendiri) dibantu seorang tukang lepas untuk pemasangan alat pada client sehingga tidak perlu menggaji hanya perlu memberikan upah tiap kali ada pemasangan. SDM masyarakat diperkirakan memenuhi syarat untuk usaha ini karena rata-rata pengghuni perumahan adalah PNS dan pegawai tetap yang masih memiliki anak yang sedang bersekolah mulai dari SD sampai SMA dan pastinya membutuhkan internet untuk kebutuhan belajar.

Analisa Pemasaran
Pangsa pasar layanan internet saat ini sedang berkembang sangat pesat. Dengan data dari penjual pulsa di desa bahwa pembeli pulsa untuk layanan internet mencapai 5 orang perhari. Dengan data tersebut dan keunggulan kecepatan dibandingkan dengan GSM dan CDMA diperkirakan akan menjadi pilihan utama untuk mendapatkan layanan internet. Kegiatan pemasaran akan dilakukan dengan menyebarkan selebaran dan mendatangi beberapa perumahan didaerah tersebut untuk menawarkan jasa internet murah dengan kecepatan yang lebih unggul dibanding dengan GSM dan CDMA. Kegiatan promosi selain mendatangi rumah warga dan menyebar selebaran akan dilakukan melalui pemasangan iklan dibeberapa tempat dan jika diperlukan pengajuan proposal melalui RT setempat. Harga 100 ribu per bulan dengan kecepatan 384 dirasa sudah cukup murah karena merupakan harga pasaran kota besar seperti jogja. Pesaing dalam bidang ini mungkin baru akan muncul setelah 2 – 3 tahun lagi karena tenaga IT masih sangat sedikit dan lebih memilih bekerja diluar kota. Trend perkembangan internet sangatlah cepat dan tidak akan pernah turun karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok terutama bagi para siswa dan usaha kecil menengah. Peta positioning seperti di bawah ini:

Resolusi Juara 2012

Kesimpulan
Resolusi Juara 2012 ini semoga benar-benar dapat kami wujudkan di tahun 2012 ini.
This post dedicated to Wijil Wahyudianto for this good idea, hope our dream will come true.

47 komentar untuk "Resolusi Juara 2012"

  1. Wah sobat ikutan juga nih|??? saingan berat nih sobat, hehehehe

    BalasHapus
  2. kayaknya saya perlu belajar banyak kepada njenengan mengenai RT/RW Net..

    BalasHapus
  3. semoga bisa terwujud ya kak. amin. kak, sama2 mendoakan yuuk... aku ikt juga.. leave comment kalo berkenan kak ^^ http://diarykhansa.blogspot.com/2011/12/bisnisku-resolusiku.html
    tetep semangat sahabat blogger :)

    BalasHapus
  4. wah nice post sob... salam kenal ya n ditunggu kunjungan baliknya....

    BalasHapus
  5. ayo kita ramaikan lomba blogger resolusi juara 2012 ini sobat...

    BalasHapus
  6. salam kenal gan,
    kunjung balik ya. . .

    BalasHapus
  7. wah sobat saingan terberat nih, sepertinya sudah betah nagkrin di halam pertama google...

    BalasHapus
  8. Setuju gan, wkwkwk :D
    kunjungi blog ane juga ya :D
    http://www.pakarinternet.info/2011/12/resolusi-juara-2012/
    salam blogger!

    BalasHapus
  9. Perencanaan yang sngat bagus sob,semoga resolusi ini jadi kenyataan di tahun 2012.Selamat berjuang sob,sukses selalu untukmu.

    BalasHapus
  10. Bismillah,semoga saja resolusi anda menjadi nyata ^^

    BalasHapus
  11. Hadir lagi memberi suport Gan,happy weekend and happy blogging.

    BalasHapus
  12. Saya salut dengan idenya Gan,benar dengan modal yang kecil tapi meberi manfaat banyak kepada lingkungan sekitar.Tetap semangat kawan,kau layak masuk 10 besar untuk kontes ini,selamat berjuang and happy blogging.

    BalasHapus
  13. Wuah, perencanaan, perhitungan sama analisanya komplit banget. Ayo tinggal direalisasikan (:

    Kunjungan perdana, salam kenal.

    BalasHapus
  14. posisi sobat tak tergoyahkan di pencarian google,, siap2 jadi pemenang sobat...

    BalasHapus
  15. yah memang waktu sangat cepat, terima kasih perenungan yang bagus

    BalasHapus
  16. tulisannya bagus...dilengkapi data akurat.. maju terus bung

    BalasHapus
  17. juga pakai hotspot, tapi masih konsumsi pribadi
    bisa jadi kedepan bisa pasang rtrw net juga nih

    salam kenal dengan blog baru saya,
    ditunggu kunjungan balik dan komentar positifnya

    detikQ -http://de.tk/6yERb

    BalasHapus
  18. @all mohon maaf belum sempat mampir lagi ke blog ane, buat sobat semua yang sudah mampir disini, ane ucapkan terima kasih dan semoga sukses juga buat sobat untuk kontesnya semoga menjadi yang terbaik..untuk sobat yang meninggalkan link, ane langsung ke TKP...meluncurr

    BalasHapus
  19. wah moga resolusinya tercapai gan :) kunjungi juga ya http://ariexfy.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-lewat-internet.html :) salam kenal

    BalasHapus
  20. wew, semangat aja dah gan..
    saya cuma bisa menyemangati lewat nambah2 komen dsni..
    salam persahabatan.. :)

    BalasHapus
  21. datang lagi nih sob ke blog sobat memberikan dukungan penuh buat sobat, semoga makin sukses sobat...

    BalasHapus
  22. mantap banget sob analisis nya, semoga menjadi acuan awal meraih kesuksesan ya.. :D
    Salam blogger

    BalasHapus
  23. wah, semoga resolusinya tercapai ya :D

    BalasHapus
  24. wah ternyata banyak saingan ya, tapi tidak mengapa dengan kontes ini sangat bagus karena mempererat silaturahim sesama blogger, datang mendukung sobat dan tetap semangat

    BalasHapus
  25. @Muhammad Rahman Arif terimakasih sobat, semoga sukses juga ya
    @martomi yup gan, sama sama
    @Outbound Malang makasih sobat sudah mampir di blog reyot ane, salam persahablogan
    @Asis Sugianto wah, makasih banget sob mampir lagi disini
    @Cucu Hermawan terimakasih sobat
    @atdayyan terimakasih sob
    @Belajar Komputer tul sob, yang penting kita tetap jalin silaturahmi sesama blogger..salam persahablogan

    BalasHapus
  26. bagus tu gan resolusinya.. . semangat beresolusi di tahun 2012..

    BalasHapus
  27. mantab gan resolusinya... mampir juga ya ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    BalasHapus
  28. manteb banget artikel dan rencana resolusinya
    semoga tambah sukses di tahun 2012 :D

    Resolusi Juara 2012

    BalasHapus
  29. Mari kita wujudkan mimpi menjadi resolusi juara 2012
    Ditunggu komentar baliknya di
    Resolusi Juara 2012

    BalasHapus
  30. @pinsalabim makasih sob...sukses buat sobat
    @Afl@sh siap ke TKP gan
    @INSPIRASIKU sip gan tenkiu
    @ferdi langsung ke tkp

    BalasHapus
  31. oke sob. kunjungan lagi dsni buat kasih support. hehe
    ditunggu kunjungan baliknya ya
    salam persahablogan. :D
    happy blogging :)

    BalasHapus
  32. makasih masbro....sippp segera ke tekape

    BalasHapus
  33. wah keren sob semoga sukses dan jadi yang pertama nih

    BalasHapus
  34. semoga bisa terwujud resolusinya. komen balik http://keluarga-fauzi.blogspot.com/2012/01/berkat-speedy.html?showComment=1325820354425#c8143510623253604638

    BalasHapus
  35. @Belajar Komputer makasih sob atas dukungannya :)
    @panca mantap gan..meluncur ke tekape

    BalasHapus
  36. wah bagus banget informasinya....sukses trus ya

    BalasHapus
  37. sisa menunggu waktu kontes ini akan berakhir, saya harap tetap semangat gan

    BalasHapus
  38. @Yovan Widiyanto Perdana (YWP)makasih gan
    @kontes yup sudah berakhir gan tinggal tunggu pengumuman

    BalasHapus
  39. Sangat inspiratif & luar biasa sekali resolusinya. SEMOGA DAPAT TERCAPAI di tahun 2012 ini, jangan lupa buat mampir ke blog'ku ya ! Trima kasih !

    BalasHapus
  40. makasih dah mampir di blog ane ya,
    btw, info bagus juga nie gan

    BalasHapus
  41. Ingin memiliki tas unik yang beda dari yang lain... kunjungi >>> www.shoopla.blogspot.com

    BalasHapus
  42. @buyung terimakasih sobat..
    @Sigit Irmawan makasih sob
    @doesa yup sama-sama gan
    @Afl@sh siap gan

    BalasHapus