Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi. Tentunya bagi sobat raseco yang memiliki bayi pasti akan kebingungan dan kelimpungan saat anak kita mendada panas dan demam. Berikut beberapa pertolongan pertama yang dapat sobat raseco lakukan untuk mengatasi demam pada bayi

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Kompres
Saat tidur, kompres bagian dahi dengan lap basah sebagai cara menurunkan panas pada bayi, bisa juga diletakkan pada area lipat ketiak dan sekitar lipat paha.

Lap atau mandi air hangat
Gunakan lap atau mandikan Si Kecil menggunakan air hangat atau suam-suam kuku. Hindari mandi menggunakan air dingin karena hal ini dapat membuat suhu tubuhnya mengalami kenaikan.

Berikan minum yang cukup
Cara menurunkan panas pada bayi yang penting adalah memastikan tubuh Si Kecil terhidrasi dengan baik dengan memberikan asupan cairan yang cukup, seperti ASI ataupun susu formula. Pastikan pula bahwa asupan nutrisinya juga mencukupi.

Menggunakan pakaian tipis
Jika Si Kecil menggunakan pakaian yang berlapis atau tebal, lepaskan. Biarkan dia menggunakan satu lapis pakaian saja dan pastikan bahwa pakaian tersebut nyaman dikenakan. Jika Si Kecil kedinginan, pakaikan selimut.

Jaga suhu kamar tetap sejuk
Usahakan untuk menjaga suhu ruang tidur Si Kecil tetap sejuk. Jika suhu kamarnya panas, Anda bisa menggunakan penyejuk udara atau kipas angin, namun jangan terlalu kencang dan jangan diarahkan langsung ke bayi Anda.

Kondisi Demam yang Harus Diwaspadai
Beberapa kondisi panas pada bayi memerlukan penanganan segera oleh dokter. Kondisi-kondisi tersebut meliputi:


  • Bayi 3 bulan yang mengalami demam dengan panas mencapai 380 C atau lebih.
  • Bayi 3-6 bulan yang mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai 390 C atau lebih.
  • Demam yang tak kunjung membaik dan berlangsung lebih dari 5 hari.
  • Muntah dan diare.
  • Demam yang menyebabkan dehidrasi pada bayi. Ditandai dengan mulut kering, popok kering, dan menangis tanpa air mata.
  • Munculnya ruam merah.
  • Menangis tanpa henti di luar kebiasaannya.
  • Mengalami kejang.

Jika cara menurunkan panas pada bayi di rumah tidak berhasil, sebaiknya segera konsultasi ke dokter anak. Dokter akan meresepkan obat penurun panas yang sesuai untuk kondisi bayi Anda, seperti paracetamol atau ibuprofen. Pastikan pemberian obat penurun panas pada bayi sesuai dengan resep dan aturan yang disarankan dokter, untuk mencegah efek samping yang mungkin berbahaya. Pada kondisi yang lebih berat, bayi mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapat penanganan yang intensif.

Nah demikian Cara Menurunkan Panas Pada Bayi semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menurunkan Panas Pada Bayi"