Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Nama Android 5.0, Lollipop

Ini Dia Nama Android 5.0, Lollipop - Google akhirnya mengumumkan nama resmi sistem operasi Android terbarunya, versi 5.0 dengan sebutan "Lollipop" pada Rabu (15/10/2014). Fitur-fitur baru apa saja yang diperkenalkan Google dalam sistem operasi mobile barunya ini?



Menurut Google, Lollipop dibuat untuk digunakan di dunia dimana interaksi yang dilakukan sehari-hari membutuhkan perangkat yang berbeda-beda. "Dengan makin banyaknya perangkat yang terhubung, maka Anda berharap agar semua perangkat akan saling mendukung," demikian tulis Google dalam blog resminya.
Dalam postingan di blog resminya, Google menyebut bahwa dengan Lollipop, pengguna tetap bisa melanjutkan aktivitas yang ditinggalkan sebelumnya walau dilakukan di perangkat yang berbeda.

Sebagai contoh, pengguna kini tetap bisa melanjutkan pemutaran lagu dari satu perangkat ke perangkat lain, melihat foto, menjalankan aplikasi dan bahkan keyword pencarian yang dilakukan dengan perangkat Android.
Dengan demikian, pengguna seolah mendapatkan pengalaman yang sama walau sebenarnya menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Pendekatan inilah yang oleh Google disebut dengan Material Design.

Antarmuka tampilan Material Design menggunakan desain ikon-ikon yang lebih flat dengan warna dan tipografi yang lebih berani dibanding versi Android sebelumnya. Google juga mengklaim bahwa antarmuka baru ini lebih responsif terhadap sentuhan maupun suara.
Konten-konten yang terdapat dalam perangkat bisa diakses dan dijalankan lebih mudah dan cepat karena lebih responsif, baik terhadap sentuhan maupun suara. Transisi antar-tugas yang sedang dijalankan sistem juga dijanjikan lebih mulus.
Kelebihan lainnya, Lollipop menyediakan setting khusus untuk mengatur notifikasi dari siapa saja yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, pengguna hanya akan melihat notifikasi dari kontak yang dikehendaki saja di layar lockscreen.
Daya tahan baterai juga menjadi area yang mendapatkan perhatian oleh Google dalam platform Lollipop. Google mengklaim dengan fitur penghemat baterai yang baru dalam Lollipop, umur baterai perangkat yang menjalankannya bisa bertahan 90 menit lebih lama dibanding platform sebelumnya (4.4 KitKat).
Terakhir, di sektor keamanan, Google menambahkan fitur baru selain PIN, password, dan pattern, yaitu keamanan Smart Lock. fitur tersebut bekerja dengan cara menjadikan obyek-obyek lain yang dipercaya sebagai "kunci" pembuka smartphone, seperti jam tangan atau mobil.

Source: kompastekno

Posting Komentar untuk "Ini Dia Nama Android 5.0, Lollipop"