Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Display Informasi [part 1]

Membuat Display Informasi [part 1] - Selamat malam sobat raseco semuanya,...maaf lama sekali tidak posting, gara-gara ada kesibukan di dunia nyata hehe (sok sibuk), ini juga masih ada PR bikin project e-learning tapi ga pake CMS, enakan bikin sendiri aja ya gak sob? ato ada sobat mau join hayuk kita bikin rame-rame hehe...udah ah ga usah lama-lama ceritanya, langsung saja di posting kali ini ane mau berbagi bagaimana cara membuat display informasi dengan mudah. Kok mudah? iya yang penting sobat sedikit paham tentang desain dan programming (sedikit saja kok...)

Okey-okey, apa sih display informasi? alias information display?
Kalo kata ane sih ya display informasi semacam informasi yang ditampilkan oleh sebuah/suatu perusahaan/instansi/pelaku usaha menggunakan display semacam layar/TV dimana di dalamnya terdapat informasi dinamis tentang usaha yang digeluti (jiah gelut? emang mau tarung)
Nah kalo sobat pernah masuk ke toko misalnya Gramedia, atau ke bank, Indomar*t dll pernah lihat ada TV dipajang di depan? bukan...bukan mbak-mbaknya, lihat TVnya...hadeh...udah keliatan kan? nahh itu dia contoh display informasi, seperti ini:

Contoh tampilan display informasi di bank

Contoh tampilan display informasi di bandara
Contoh tampilan display informasi di kantor
Nah jika melihat gambar di atas pasti sudah kebayang kan apa display informasi itu? ya seperti itulah kira-kira project yang akan kita buat.

Berapa harga display informasi di pasaran?Hmmm sempat browsing juga di internet, ternyata software semacam ini juga dapat menghasilkan uang lho kalo dijual. Ane browsing harga paling murah aja Rp. 3.000.000,- hingga termahal Rp. 9.000.000,-an, gilee luar biasa muahallnya, belum ama TVnya haduhh....nah sekarang kita buat sendiri aja ya hehehe, daripada harus beli muahal amir..

Apa sih yang dibutuhkan untuk memasang display informasi?
Nah untuk memasang display informasi ini tentu saja memerlukan beberapa alat, nah disimak ya sob, ini dia alatnya:
1. TV LCD (support HDMI/DVI/VGA) kenapa harus support? karena kita akan menggunakan perangkat komputer untuk menghubungkan ke TV
2. Perangkat komputer (ada port VGA/HDMI lebih OK)
3. Kabel HDMI/VGA
4. VGA Splitter jika akan digunakan di banyak TV
5. TV Tuner (untuk dipasang di PC, kita akan gunakan ini jika pada display informasi akan menampilkan acara TV)
6. Kabel RCA/stereo (jika TV belum support HDMI)
7. Optional: speaker untuk menambah kualitas suara

Lalu kapan kita buat project display informasi ini pak?
Sabar-sabar, sebentar...karena udah lumayan malam besok disambung lagi ya. Pokoknya janji deh nanti di akhir pertemuan teman-teman dapat membuat display informasi sendiri dan syukur-syukur nanti bisa dijual lho....hehehe...tunggu di part 2 ya sob

Versi premium bisa diorder di Bukalapak klik disini ya gan

2 komentar untuk "Membuat Display Informasi [part 1]"