Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Pakar Berbasis Web PHP

Sistem Pakar Berbasis Web PHP - Iseng-iseng di sela-sela kesepian ane coba membuat sebuah sistem pakar berbasis web PHP yang sangat sederhana. Sistem pakar ini menggunakan metode forward chaining dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya.
Sistem pakar berbasis web ini ditujukan bagi para peserta pelatihan di BLK Purworejo yang hendak menentukan pilihan dalam mengikuti pelatihan berdasarkan data yang diinputkan dari user.
Mohon maaf sistem ini baru prototype untuk mengimplementasikan metode forward chaining, sehingga tampilan memang dibuat sesederhana mungkin :)

Tampilan halaman utama:


Pada halaman utama hanya menampilkan informasi mengenai sistem pakar ini

Tampilan halaman pendaftaran:




Tampilan halaman pakar:

Pada halaman pakar. diberikan daftar berupa list yang sesuai dengan kondisi calon pendaftar. Calon pendaftar pelatihan memilih data yang sesuai dengan kondisi yang bersangkutan. Setelah dipilih, maka akan muncul kesimpulan dimana akan diberikan informasi rekomendasi jurusan apa yang sesuai dengan calon peserta pelatihan berdasarkan data yang sudah direkam oleh sistem.

Calon pendaftar dapat menentukan berapa jumlah jurusan yang akan ditampilkan berdasarkan data yang diinputkan. Data dengan presentase tertinggi merupakan data paling valid dan merupakan rekomendasi yang dapat diambil oleh calon pendaftar pelatihan. Untuk lebih jelasnya berikut disampaikan tampilah halaman kesimpulan.

Tampilan halaman kesimpulan pakar:


Pada sistem pakar berbasis web PHP ini, diberikan pula menu administrasi untuk menambah/mengedit/menghapus jurusan, syarat jurusan, sehingga sistem ini dinamis dapat digunakan sesuai dengan keinginan pengguna sistem.

Tampilan halaman admin untuk input jurusan:



Tampilan halaman admin untuk mengedit relasi antara jurusan dengan data syarat jurusan:



Nah demikian sistem pakar berbasis web PHP untuk peminatan pelatihan di BLK Purworejo. Untuk melihat sistem ini dapat mengunjungi:

Link Sistem pakar berbasis web PHP peminatan pelatihan di BLK Purworejo

NB: Untuk dapat mengakses sistem pakar, sobat diwajibkan mendaftar dahulu di menu daftar

Terimakasih dan semoga bermanfaat :)


1 komentar untuk "Sistem Pakar Berbasis Web PHP"

  1. tutorial pembuatan sistem nya gimana tuh, kasih dikit dong...

    BalasHapus