Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat List di Excel dengan Data Validation

Cara Membuat List di Excel dengan Data Validation - Tutorial kali ini adalah membahas bagaimana cara membuat daftar pilihan pada cell excel. Nah mungkin sobat masih bingung, pilihan seperti apa sih? nah pilihan yang dimaksud adalah pilihan seperti contoh tampilan di bawah ini:



Ya, dengan kata lain kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan dengan memilih tanda panah di sampingnya (combo box). Okey sudah paham? sekarang kita coba bersama-sama :D

1. Buat dahulu data-data yang akan digunakan dalam list, misal buat seperti ini pada sheet1



2. Selanjutnya ikuti langkah 2, dengan cara memberi nama range (namainstr), berdasar tabel di atas, range yang kita pilih adalah C4 hingga C14, karena kita akan memasukkan list Nama Instruktur pada sel C16 (Pilih Instruktur) seperti berikut:



3. Selanjutnya, arahkan kursor pada sel C16, lalu pilih menu Data->Data Validation->Data Validation lihat gambar berikut:



4. Muncul menu Data Validation, pilih seperti berikut, pilih Allow = List, Source =namainstr (mengapa namainstr? karena sebelumnya range yang kita pilih kita beri nama 'namainstr' lihat langkah 2)



5.  Klik OK, dan selesai sudah langkah kita membuat list di Excel dengan Data Validation :) mudah bukan, lihat hasilnya seperti gambar di bawah ini:



Selamat mencoba....
Catatan: Data Validation berlaku untuk semua sheet, artinya jika anda ingin memasukkan list di sheet yang lain (bukan di sheet yang sama) langkahnya sama persis, artinya anda tidak perlu memasukkan nama sheetnya, seperti Sheet1!C2, dst



Posting Komentar untuk "Cara Membuat List di Excel dengan Data Validation"